Cara Mengatasi Bootloop Lenovo Vibe X2 Setelah Update

Beberapa pengguna Lenovo Vibe X2 khususnya pengguna dari Indonesia (Asia Pasific) Lenovo Vibe X2 AP ada yang mengeluhkan tentang tidak disediakannya Official ROM Lenovo Vibe X2 AP. Padahal untuk versi X2 CU, X2 TO, dan X2 EU disediakan Official ROM. Ini sangat menyulitkan pengguna Vibe X2 AP khususnya untuk mereka yang suka ngoprek ponsel Android mereka. Pasalnya jika salah salah ngoprek yang akan berujung dengan bootloop, ketika restart ponsel tidak bisa masuk ke sistem, hanya berhenti/ stuck di logo Lenovo. Jika sudah kayak begini, mereka akan kesusahan mengatasi bootloop karena tidak tersedianya Official ROM AP.

Mengatasi Bootloop Lenovo Vibe X2

Salah satu cara untuk bisa mengembalikan Lenovo Vibe X2 AP yang sudah bootloop ya merestore ponsel melalui TWRP, itu juga kalau mereka punya backup TWRP. Kalau tidak, ujung ujungnya mereka harus pergi ke Service Center Lenovo untuk perbaikan, minimal flashing ulang. Ya kalau lokasi Service Center Lenovo dekat rumah anda, kalau jauh, atau bahkan di luar kota? Belum lagi kalau nih ponsel harus nginap beberapa hari. Kalau orang orang Service Center nya “kurang pintar”, masalah bootloop yang harusnya bisa diflashing ulang sembuh tidak sampai berjam jam, ini pakai acara vonis harus ganti mesin atau ganti apalah, ujung ujungnya ponsel anda harus nginap beberapa hari.

Jika anda opreker Android sejati, tidak takut bootloop, mau menanggung resiko, punya laptop/ komputer sendiri, punya kuota internet yang berlebih, anda bisa kok memperbaiki Lenovo Vibe X2 yang bootloop tanpa harus pergi ke SC Lenovo. Tapi memang anda perlu download dulu beberapa bahan pendukung seperti Official ROM atau backup ROM AP yang ukurannya sendiri bisa mencapai 1 GB lebih. Jadi pastikan kuota internet anda mencukupi, atau mungkin anda bisa mendownload lewat warnet jika koneksi warnet jauh lebih kenceng.

Berikut ini tutorial cara mengatasi masalah bootloop Lenovo Vibe X2 setelah update firmware. Tapi saya bagi dalam 2 versi, pertama bootloop saat Vibe X2 masih posisi Android KitKat, dan yang kedua bootloop saat Vibe X2 anda upgrade ke Android Lollipop.

1. Lenovo Vibe X2 bootloop posisi ROM KitKat (ROW 125, ROW 126, ROW 129, atau ROW 130)

Jika ponsel Lenovo Vibe X2 anda bootloop saat update firmware dan masih dalam posisi KitKat, anda bisa mengatasinya dengan merestore backup TWRP. Biasanya sih kasus bootloop seperti ini dialami pada pengguna yang sudah me-root Lenovo Vibe X2 mereka, sehingga saat update OTA terjadi kegagalan dan berujung bootloop. Beberapa kasus bootloop yang sering saya jumpai sih memang demikian. Pengguna Vibe X2 yang masih original/ belum pernah dioprek ketika update OTA lancar lancar saja. Sedangkan Vibe X2 yang sudah dioprek biasanya gagal setelah update. Makanya untuk pengguna yang sudah me-root Lenovo Vibe X2 mereka, ada cara tersendiri untuk bisa update firmware terbaru.

Maka dari itu, biasakan untuk selalu melakukan backup Vibe X2 anda, terutama backup lewat TWRP. Soalnya jika suatu saat ponsel anda bootloop, anda masih bisa merestorenya. Tinggal masuk ke recovery mode TWRP, dan tinggal restore backup-an anda.

Bagaimana jika anda tidak punya backupan TWRP ROM X2 AP? Tenang, download saja backupan Lenovo Vibe X2 AP saya lewat link berikut >> https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiUEFxbThGWWtrNVk/view?pli=1

Syaratnya, anda harus install TWRP dari link berikut >> http://teknikit.com/downloads/recovery.img. Untuk TWRP versi lain saya tidak menjamin akan sukses, setidaknya backupan Vibe X2 AP saya memang saya backup melalui TWRP tersebut.

Setelah selesai download Backup TWRP X2 AP, ekstrak file tersebut hingga anda dapatkan folder 2015-02-19–08-23-34_X2-AP_ROW_S125_141205. Taruh folder ini di internal memory >> TWRP >> BACKUPS >> Lenovo_X2-EU_MT6595. Jika belum ada folder TWRP >> BACKUPS >> Lenovo_X2-EU_MT6595, silahkan anda bikin sendiri folder tersebut. Intinya file backup X2 AP harus berada di dalam folder Lenovo_X2-EU_MT6595. Untuk bisa terhubung dengan komputer dan menyalin file ke Lenovo Vibe X2 yang sudah bootloop, anda harus masuk ke recovery mode (TWRP) dulu, baru kemudian hubungkan ponsel ke komputer. Setelah ini anda bisa menyalin file backup-an di atas (bagi yang belum punya backup).

Jika cara itu belum sukses, mungkin salah satu jalan adalah menginstall Official ROM Vibe X2 versi lain, misal ROM X2 CU atau X2 EU. Kalau ROM X2 EU cuma bisa dipakai single SIM, SIM kedua tidak fungsi. Sedangkan X2 CU bisa dipakai dual SIM. Anda bisa download Official ROM Lenovo Vibe X2 lewat Needrom.com >> http://www.needrom.com/category/lenovo/serial-x/x2-serial-x/. Pilih yang ROM Lenovo X2-EU atau Lenovo X2-CU.

2. Lenovo Vibe X2 bootloop posisi ROM Lollipop (ROW 223)

Bootloop posisi Lollipop biasanya terjadi ketika anda sedang mengupgrade versi Android Lenovo Vibe X2 anda menjadi Lollipop. Ini yang beberapa pengguna sering alami saat mau update ke Lollipop. Bukannya Vibe X2 mereka jadi Lollipop tapi malah bootloop yang terjadi.

Kasus bootloop saat upgrade versi Android ke Lollipop ini agak sedikit rumit daripada kasus bootloop pada KitKat. Masalahnya setelah selesai proses update ke Lollipop, seolah olah mode recovery hilang. Ya, banyak kasus yang terjadi ketika pengguna selesai mengupdate Lollipop, ponsel mereka tidak bisa lagi masuk ke recovery mode, terutama bagi mereka yang sebelumnya telah menginstall custom recovery TWRP pada Vibe X2 mereka. Kalau seperti ini lebih rumit, mau restore tapi tidak bisa masuk TWRP.

Seperti kasus yang pernah saya alami sebelumnya ketika mau update ke Lollipop. Ponsel Lenovo Vibe X2 saya cuma restart melulu, tidak bisa masuk ke sistem hanya sampai pada logo Lenovo. Sedangkan ketika mau masuk ke recovery mode tidak bisa. Sudah install beberapa versi TWRP pun gagal diinstall jika sudah update ke Lollipop. Waktu itu, walau saya install TWRP versi Lollipop sekali pun tidak bisa, soalnya ponsel sudah terlanjur bootloop. Mungkin saya mengira, kalau posisi Lollipop bootloop, mau install custom recovery apapun tidak akan bisa. Beda kasus jika anda sukses update ke Lollipop, maka ponsel anda bisa dipasang recovery TWRP Lollipop version.

Untuk kasus bootloop yang seperti ini memang solusinya agak ribet. Jadi intinya begini, anda download dulu Official ROM Vibe X2, terserah mau yang versi CU atau EU, silahkan cari di Needrom.com. Kalau saya sendiri kemarin menggunakan Lenovo Vibe X2 EU version >> http://www.needrom.com/download/lenovo-x2-eu/ karena menurut saya karakteristik ROM EU ini hampir sama dengan ROM AP. Setelah anda download, langsung saja pasang ROM tersebut menggunakan SP Flash Tool sesuai petunjuk yang ada pada situs tersebut. Masing masing ROM sudah diberikan tutorial cara install nya kok.

Setelah anda sukses install ROM EU, kemudian anda pasang custom recovery TWRP, dan restore backup-an Lenovo Vibe X2 AP lewat TWRP. Pakai TWRP yang ini >> http://teknikit.com/downloads/recovery.img. Walau ponsel anda saat ini posisi ROM X2 EU atau mungkin ROM X2 CU, tapi jika anda restore data data dari backup-an ROM X2 AP, maka ponsel anda akan balik ke versi Vibe X2 AP, silahkan anda buktikan. Nah, backup-an ROM X2 AP nya kan sudah saya kasih link di atas. Yah, caranya mirip lah.

Jika Lenovo Vibe X2 anda sudah kembali menjadi versi X2 AP, kini anda bisa mulai lagi dari awal. Silahkan kalau mau update firmware satu satu sampai update ke Lollipop. Tapi jangan lagi melakukan kesalahan yang berakibat Vibe X2 anda bootloop lagi. Tapi kalaupun bootloop melanda, anda bisa menggunakan cara yang sudah saya paparkan secara jelas di atas.

Oke, semoga tutorial mengatasi bootloop Lenovo Vibe X2 ini bisa berguna bagi anda. Setidaknya jika anda mau praktek tutorial ini, anda tidak perlu lagi datang ke Service Center Lenovo. Selain itu, hal yang seperti ini akan menambah banyak pengalaman buat anda tentang masalah seputar ponsel Android terutama Lenovo Vibe X2.

Update 1: Agar tidak begitu ribet praktek tutorial di atas, lebih baik langsung saja flash ROM Vibe X2-AP. ROM Lenovo Vibe X2-AP sudah tersedia untuk didownload, silahkan KLIK DI SINI.

Update 2: Cara flashing Lenovo Vibe X2 dan bagi yang SP Flashtool nya tidak kedetek di komputer, coba cara ini >> http://teknikit.com/2015/08/cara-flashing-ulang-lenovo-vibe-x2.html

Tags: Bootloop Lenovo Vibe X2 Yang Sudah Root Cara Balik ke Vibe X2 AP Download ROM Lenovo X2 AP Gagal Update Lollipop Lenovo Vibe X2 Lenovo Vibe X2 Bootloop Lenovo Vibe X2 Restart Terus Lenovo Vibe X2 Stuck di Logo Lenovo Lenovo Vibe X2 Update Malah Bootloop Mengatasi Bootloop Saat Update Lollipop Lenovo Vibe X2 ROM AP Lenovo Vibe X2

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Cara Mengatasi Bootloop Lenovo Vibe X2 Setelah Update"

Review Lenovo Tab 2 A8-50 Tablet 4G LTE di Bawah 2 Juta
Berhubung tablet saya sebelumnya Acer Iconia A1-811
Cara Flashing Ulang Lenovo Vibe X2 Menggunakan SP Flashtool
Semua ponsel Android yang mengalami bootloop atau
Download Official ROM Lenovo Vibe X2-AP
Setelah menunggu beberapa bulan terakhir, akhirnya official
Install Custom Recovery TWRP Lenovo Vibe X2 Android Lollipop
Salah satu kekurangan dan permasalahan utama setelah
  1. author

    denny7 months agoReply

    mohon solusinya, saya ada upgrade Lenovo vibe x2 saya dari kitkat ke lollipop, namun setelah di upgrade saya sama sekali tadik dapat akses ke internet

  2. author

    Atnasuside3 months agoReply

    mas hp vibe x2 ku. kmrn hang. sering black screen padahal posisi nyala. kalau di pencet power lama dia restrat tapi layar tetap hitam, kalau di coba ditelpon ada nada sambung tapi layar tetap hitam. nah nanti kalau agak lama di biarin. dia nyala normal sendiri. dan nanti kumat kumatan seperti itu lagi. kemarin pakai tutorial flash rom. aku coba sukses tak flash. tapi ternyata penyakitnya tetap sama. kira2 apanya ya yg error. mohon dibantu.nuwun

  3. author

    rizka1 month agoReply

    Kalo mengatasi mic yang mati bgaimna ya ? Tpi buat rekam suara bisa. Udh flash ulang, udah downgrade trs upgrde lg ga bisa

1 2

Komentar di "Cara Mengatasi Bootloop Lenovo Vibe X2 Setelah Update" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan