Tips Menghemat Penggunaan Baterai Smartphone Android

Di masa sekarang ini mungkin pengguna Smartphone Android sudah banyak sekali. Bahkan para produsen smartphone saat ini sedang berlomba lomba menciptakan smartphone Android terbaik mereka dengan membuat smartphone Android dengan spesifikasi luar biasa tapi dengan harga yang terjangkau. Produsen smartphone Tiongkok bahkan ada yang memproduksi ponsel Android dengan harga di bawah 500 ribuan. Jadi intinya, di jaman sekarang ini, kalau ngomongin masalah ponsel, pasti tidak jauh dari Android.

Menghemat Baterai Android

Di balik penggunanya yang begitu banyak tersebut, tahukan anda bahwa baterai smartphone Android ini jauh lebih boros jika dibandingkan ponsel biasa? Sudah bisa dipastikan para pengguna ponsel Android banyak yang mengeluhkan keawetan baterai ponsel mereka. Apalagi untuk ponsel Android yang hanya memiliki kapasitas baterai di bawah 2000 mAh, semisal Nexian Journey One, pastinya akan sangat terasa boros. Apalagi jika dalam ponsel anda terpasang banyak aplikasi dan games, dengan sering memainkan aplikasi dan games tersebut maka baterai ponsel anda akan semakin boros.

Namun, borosnya baterai smartphone Android ini bisa diatasi dengan menjalankan beberapa tips berikut. Tips yang akan saya berikan berikut ini bisa menghemat penggunaan baterai ponsel Android anda.

1. Matikan sambungan data internet dan gunakan sambungan Wifi

Ini salah satu faktor utama kenapa baterai smartphone Android anda bisa boros. Menggunakan sambungan data dari provider bisa menyebabakan baterai boros, apalagi jika sinyal naik turun, dan itu pasti terjadi. Ponsel akan dipaksa selalu mencari sambungan terbaik dari provider. Misal jika sinyal turun maka kerja ponsel akan semakin maksimal mencari sinyal terbaik. Ini berakibat baterai cepat boros. Solusinya ya gunakan saja wifi. Sinyal dari wifi router pastinya lebih stabil. Di jaman sekarang ini mungkin anda tidak akan kesusahan mencari Wifi, baik yang gratis maupun berbayar. Bahkan laptop atau komputer anda pun bisa dijadikan Wifi hotspot pribadi kok.

2. Matikan fitur Sync

Ponsel Android biasanya terdapat fitur Sync data yang berfungsi untuk menyinkronkan data ponsel untuk diunggah ke server Google. Bagi anda yang login menggunakan akun Google pada ponsel, usahakan matikan fitur Sync ini. Bahkan aplikasi seperti Facebook, email, memiliki fitur Sync contact. Nah, untuk lebih menghemat penggunaan baterai ponsel anda sebaiknya matikan fitur ini. Cara mematikan fitur Sync ini anda bisa masuk ke Settings >> Accounts, dan lihat semua account yang ada kemudian matikan fitur Sync.

3. Matikan GPS

Fitur GPS ini memang sangat penting saat ini. Semua ponsel android sudah dilengkapi fitur GPS untuk mempermudah anda mencari suatu lokasi. Tapi jangan lupa untuk mematikan GPS jika tidak dipakai. Seringnya seseorang lupa mematikan kembali GPS setelah mereka menggunakannya. Selain itu fitur yang mesti anda matikan adalah Access to my location, biasanya ada di Settings >> Location services. Jangan lupa untuk mematikan fitur tersebut.

4. Kurangi brightness layar

Kecerahan/ brightness pada layar Android juga berpengaruh terhadap konsumsi baterai. Maka kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai Android. Kalau saya sendiri brightness layar biasanya saya setel sampai 1/4 saja pada kondisi normal. Namun beberapa ponsel Android sekarang ada yang dilengkapi dengan fitur auto brightness, jadi kecerahan layar akan disesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar.

5. Hapus/ uninstall aplikasi yang tidak berguna

Beberapa aplikasi mungkin saja ada yang berjalan di latar belakang. Walau pada kenyataannya aplikasi tersebut tidak sedang dibuka namun bisa saja berjalan di latar belakang. Atau manakala terdapat update pada aplikasi tersebut, maka kerja ponsel akan bertambah. Untuk itu hapus saja beberapa aplikasi yang dirasa tidak pernah dipakai. Di samping menghemat penggunaan baterai, juga akan melegakan memory ponsel anda.

6. Gunakan aplikasi penghemat baterai

Saat ini banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang bisa anda pilih di Google Playstore, misal DU Baterai Saver atau Greenify.

7. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Bisa saja anda berpikir sudah keluar dari aplikasi, namun sebenarnya aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang. Ponsel Android sebenarnya dilengkapi dengan menu task manager yang juga berguna untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Atau anda bisa menggunakan aplikasi task killer yang bisa anda temukan di Google Play Store. Aplikasi ini berguna untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

8. Disable Google Play Services

Nah, cara yang satu ini dikhususkan bagi anda yang suka ngoprek ponsel Android. Mematikan fitur Google Play Services hanya bisa dilakukan jika ponsel Android anda sudah diroot. Sebenarnya Google Play Services ini mengkonsumsi daya baterai lebih banyak daripada aplikasi lainnya. Mungkin sebagian dari anda tidak memerlukan aplikasi dari Google, misal bagi anda yang memiliki ponsel Android hanya untuk ngegame. Tapi yang seperti ini jangan anda lakukan jika anda belum berkompeten dalam per-Android-an, karena akan menyebabkan ponsel anda berhenti bekerja.

Itulah 8 tips menghemat baterai smartphone Android yang bisa saya berikan. Mungkin masih ada banyak cara untuk menghemat baterai Andoroid, namun ke delapan tips di atas memang sudah saya terapkan dalam penggunaan smartphone Android sehari hari. Semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

6 Responses to “Tips Menghemat Penggunaan Baterai Smartphone Android”
  1. Diana
  2. sebuah blog
  3. vivo
  4. heri
  5. Asuransi Mobil Garda Oto

Leave a Reply