Install Custom ROM CM12 (Based Lollipop) Android One Nexian Journey One

Setelah sebelumnya developer custom ROM CyanogenMod atau biasa disingkat CM sukses dengan custom ROM CM11 nya yang masih berbasis Android KitKat, kini mereka kembali mengembangkan OS mereka untuk Android Lollipop menjadi CM12. ROM CM12 merupakan custom ROM yang berbasis Android Lollipop. Bagi anda pengguna smartphone Android One, mungkin anda sudah sering menggunakan custom ROM CM11 yang notabene berbasis Android KitKat. Ini berarti ponsel Android One anda otomatis didowngrade dari versi Lollipop ke versi KitKat. Nah, kini saatnya untuk anda coba sutom ROM CM12 yang berbasis OS Android Lollipop, sehingga ponsel Android One anda masih tetap menggunakan OS Lollipop meski menggunakan custom ROM.

CM12 Beta 3 Android One Nexian Journey One

Oke, langsung saja ya, akan saya kasih tutorial cara instal custom ROM CM12 pada smartphone Android One khususnya untuk Nexian Journey One. Untuk tipe Android One seperti Evercross One X maupun Mito Impact A10 juga bisa saja mengikuti tutorial ini karena pada dasarnya ketiga smartphone tersebut memiliki hardware yang sama.

1. Untuk syarat install custom ROM Android One ini pastinya anda harus sudah install custom recovery dulu, karena recovery bawaan tidak akan bisa digunakan untuk install custom ROM. Bagi yang belum pernah install custom recovery bisa anda lihat caranya di sini >> http://teknikit.com/2015/03/cara-install-custom-recovery-android-one-nexian-journey-one.html

2. Unlock bootloader. Untuk syarat unlock bootloader ini sebenarnya masih simpang siur ya. Ada yang mengatakan tanpa unlock bootloader bisa install custom ROM, tapi ada yang mengatakan harus unlock bootloader dulu. Jadi pilihannya ada pada anda sendiri, silahkan anda coba dulu install custom ROM CM12 ini tanpa unlock bootloader, jika nantinya gagal berarti harus unlock bootloader. Cara unlock bootloader bisa anda lihat pada artikel saya sebelumnya >> http://teknikit.com/2015/03/cara-unlock-relock-bootloader-android-one-nexian-journey-one.html

3. Download bahan install custom ROM CM12 berikut di >> http://www.thunderzap.in/downloads/

Download CM12 Android One Nexian Journey One

4. Untuk CM12 Android One sendiri, per hari ini 28-4-2015 sudah tersedia untuk CM12.1 beta 3 yang bisa didownload pada link di atas. Perhatikan hanya pada link yang saya kotakin di atas. Untuk ROM CM12.1 beta 3 ada 2 macam pilihan, silahkan dipilih sesuai kebutuhan dengan petunjuk: untuk CM12.1 Sprout4 nantinya memory internal akan dipakai sebagai default memory penyimpanan, sedangkan CM12.1 Sprout8 memory eksternal akan digunakan sebagai default penyimpanan.

Tips: Bagi anda yang menggunakan memory eksternal 16GB, 32GB, dan di atasnya, mungkin lebih baik menggunakan Sprout4, karena memory internal akan jauh lebih lega. Bagi yang memory eksternalnya cuma 8GB bisa menggunakan Sprout8.

5. Download juga ThunderZap 3.0 sebagai kernel nya nanti. Untuk ThunderZap control bisa didownload lewat Google Playstore setelah selesai install CM12 nanti.

6. Download Gapps (Google Apps) >> http://forum.xda-developers.com/android/software/reborn-gapps-5-t3074660

Tips: Untuk Gapps ada beberapa pilihan, full, mini, micro, nano, dan pico modular. Semakin besar ukurannya semakin lengkap aplikasi di dalamnya. Untuk saya sendiri lebih memilih yang terkecil ukurannya (pico modular), nanti aplikasi yang lain bisa menyusul didownload lewat Playstore. Dan untuk ROM CM12.1 ini sendiri pilih Gapps yang untuk versi Android 5.1

7. Nah yang terpenting adalah ketiga file di atas sudah didownload (ROM, Gapps, Kernel ThunderZap).

8. Simpan ketiga file tersebut di memory eksternal Android One anda.

9. Matikan ponsel kemudian masuk ke recovery mode dengan cara, dalam posisi mati tekan tombol power + volume atas, secara bersamaan sampai muncul pilihan menu. Tombol atas untuk menggeser pilihan dari atas ke bawah, sedangkan untuk masuk (pilih) tekan tombol volume bawah. Pilih yang menu [Recovery Mode].

10. Di sini saya mencontohkan menggunakan custom recovery CWM, untuk pengguna custom recovery TWRP ataupun PhilZ bisa menyesuaikan.

11. Setelah masuk recovery mode, pilih wipe data/ factory reset, kemudian pilih wipe cache partition. Intinya yang diwipe di sini adalah data, cache, dalvik cache.

12. Lanjutkan pilih install zip >> choose zip from /external sd >> pilih cm-12.1-20150427-UNOFFICIAL-sprout4 >> yes

13. Tunggu sampai proses install ROM selesai

14. Jika proses install ROM sukses, kembali pilih install zip >> choose zip from /external sd >> ThunderZap+3.0 >> yes

15. Setelah sukses, kembali pilih install zip >> choose zip from /external sd >> pa_gapps

16. Setelah ketiga instalasi sukses pilih +++++ Go Back+++++ >> reboot system now

17. Setelah ini ponsel Android One anda akan melakukan restart, tunggu sampai selesai, biasanya setelah install custom ROM begini awal booting memang agak lama.

Install CM12 Android One Nexian Journey One Sukses

18. Setelah ini masuk ke Google Playstore, login menggunakan akun Google anda, download ThunderZap Control >> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.varun.thunderzapcontrol

19. Selesai, Android One Nexian Journey One anda sudah sukses diinstal custom ROM CM12.1 beta 3 basis Android Lollipop. Silahkan bereksperiman untuk mengeksplore lebih dalam lagi CM12 ini. Bagi anda yang masih gagal install ROM CM12 di Android One ini silahkan ulangi lagi dari awal, siapa tahu ada step yang terlewati.

Tags: Cara Install Custom ROM Android One Cara Install ROM CyanogenMod Android One CM12.1 Beta 3 Android One CyanogenMod Terbaru Android One Download Kernel Android One Download ROM CyanogenMod Untuk Android One Gagal Install ROM CM12 Android One Install CM12 Android One Install Custom ROM Lollipop Android One

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Install Custom ROM CM12 (Based Lollipop) Android One Nexian Journey One"

Cara Install Custom Recovery Android One Nexian Journey One
Bagi anda pengguna smartphone Android One khususnya
Cara Mudah Root/ Unroot Android One Nexian Journey One
Root ponsel Android sebenarnya bertujuan untuk memperoleh
Cara Unlock/ Relock Bootloader Android One Nexian Journey One
Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk tutorial
  1. author

    cidcidcuid2 years agoReply

    Semenjak CM12 rilis, malas balik lagi ke stock rom.. 😀

    Salam kenal gans.. 🙂

  2. author

    Akbar1 year agoReply

    Kalo nexian journey sudah ter root masih bisa yah mas instal custom rom
    Mohon dijawab secepatnya!

  3. author

    Akbar1 year agoReply

    Itu kegunaanya apaapa yah mas?
    Apakah dampak negatif saat instal custom rom yah mas?
    Maaf banyak nanya namanya juga orang pemula mas.
    Terima kasih

  4. author

    Akbar1 year agoReply

    Mas gimana yah mas cara mengupdate android one nexian journey yang sudah ter root?

  5. author

    bagus1 year agoReply

    Om…ane nyoba di evercoss one x malah bootloop om, bisa kasih solusi g om ? Thx

  6. author

    Herrynurcahaya1 year agoReply

    gan cm 12 kok ngga bisa switch sim untuk data..cuma bisa satu sim aja.?

  7. author

    Andy1 year agoReply

    Min, kalo mau update CM nya, harus di wipe data dulu ato enggak?

  8. author

    Ananda Wicaksono1 year agoReply

    Bisa buat Evercoss one X gak ni gan ?

  9. author

    RomGAME1 year agoReply

    thank gan infonya

  10. author

    aris10 months agoReply

    Bisa buat infinix hot 2 android one gk…???

Komentar di "Install Custom ROM CM12 (Based Lollipop) Android One Nexian Journey One" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan