Review Nexian Journey One Smartphone Android Lollipop 1 Juta Pas

Kemunculan 3 smartphone terbaru yang mengusung Sistem Operasi Android terbaru Lollipop 5.1, yaitu Nexian Journey One, Evercross One X, dan Mito Impact A10, menjadi pembicaraan hangat beberapa waktu lalu. Ketiga smartphone tersebut diberi label “Android One” atau smartphone bersistem operasi Android Lollipop pertama. Bahkan Google sendiri memberi kehormatan kepada Indonesia sebagai tempat peluncuran pertama Sistem Operasi terbaru mereka Android Lollipop.

Tak heran jika beberapa waktu yang lalu sampai hari, ini ketiga smartphone Android One di atas menjadi buruan para Android mania yang pada ingin mencicipi kekuatan Android Lollipop yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan bukan hanya karena menggunakan sistem operasi terbaru Lollipop, tapi saat peluncuran perdananya, ketiga smartphone di atas baik Nexian Journey One, Evercross One X, dan Mito Impact A10 dibendrol dengan harga yang sangat murah Rp 999.000.

Dengan harga 1 jutaan tersebut, membuat smartphone Android One laris manis. Apalagi dalam masa peluncuran perdana yang lalu, baik Nexian, Evercross, maupun Mito memasarkan produk ke konsumen dengan cara pre order secara online melalui toko online terbesar dan terpercaya di Indonesia seperti Lazada.co.id, Jakartanotebook.com, Blanja.com, dan Blibli.com. Di samping pembelian hanya bisa dilakukan secara online, produk yang mereka pasarkan juga terbatas, jadi siapa cepat dia dapat.

Dan pada kesempatan kali ini, saya telah mendapatkan satu produk Android One, Nexian Journey One yang saya dapatkan melalui Lazada. Kenapa saya memilih produk Nexian? Jujur, untuk saat ini dari ketiga smartphone Android Lollipop di atas, hanya Nexian yang masih memberikan harga sama dengan harga perdananya dulu yaitu 999 ribu. Selain itu untuk Mito Impact A10 dan Evercross One X saat ini yang saya lihat harga nya sudah di atas 1 jutaan. Spek sama, sama sama ponsel besutan Tiongkok, cuma beda merk saja, ambil yang murah apa salahnya, ya kan?

Seperti yang anda ketahui, untuk spesifikasi dari ketiga smartphone Android One di atas adalah sama. Dan yang membuat saya ingin membeli ponsel murah dari Tiongkok ini, salah satunya adalah ingin mencicipi bagaimana sih rasanya menggunakan ponsel Android Lollipop, mengingat sistem operasi Android Lollipop merupakan sistem operasi terbaru besutan Google untuk smartphone saat ini. Di samping itu, dengan harga cuma 999 ribu rupiah saja juga membuat saya tertarik membeli ponsel murah ini.

Berlanjut ke unboxing Nexian Journey One, secara umum isi dari box saat anda membeli Nexian Journey One adalah 1 unit Nexian Journey One, kabel data (juga sebagai kabel charger), earphone, charger, buku panduan, buku alamat Service Center Nexian, dan kartu garansi.

Paket Pembelian Nexian Journey One

Sedangkan untuk pembelian paket Nexian Journey One melalui Lazada ini ternyata ada beberapa bonus di dalamnya, di antaranya adalah Micro SD 8GB class 6, kartu perdana Simpati beserta Paket TAU, screen guard/ anti gores, voucher tiket pesawat dari Traveloka sebesar Rp 50.000, dan voucher belanja di Tokopedia sebesar Rp 50.000.

Mengaktifkan Paket TAU Simpati >> http://teknikit.com/2015/03/cara-mengaktifkan-paket-tau-simpati-pada-android-one.html

Jadi jangan heran jika saat anda beli melalui Lazada maupun toko online terpercaya yang saya sebutkan di atas, keliatannya kotak HP sudah pernah dibuka, segel terlihat seperti sudah pernah dibuka dan diganti segel baru. Ini kemungkinan karena mereka memasukkan beberapa bonus ke dalam kotak nya. Kalau pengalaman saya kemarin, antara kardus kotak atas dengan bawah itu tidak sejajar, terlihat pernah dibuka trus ngembalikannya tidak lihat sejajar. Jangan khawatir, selama anda belinya di Toko Online terpercaya, pastinya ada jaminan isi di dalamnya. Kalaupun ada apa apa dengan ponsel yang anda terima, anda bisa mengembalikannya langsung, karena untuk Nexian Journey One ini ada garansi 1 bulan unit ganti baru jika terjadi kerusakan.

NB: Jadi yang masih ragu karena kardus terlihat pernah dibuka, alurnya begini. Produsen Nexian Tiongkok sana ingin mempromosikan produk baru mereka ke Indonesia. Untuk menarik banyak peminat, mereka menambahkan beberapa bonus di dalamnya. Nah, bonusnya kan disesuaikan dengan masing masing negara, jadi pihak Tiongkok sana menyerahkan masalah bonus kepada Nexian Indonesia. Urusan buka membuka segel ini sebenarnya pihak Nexian Indonesia sudah tahu semuanya. Dan mereka mengganti dengan segel baru. Tapi namanya kerja manusia dengan kerja robot kan beda, ada kalanya salah. Jadi jangan berpikiran kalau yang membuka segel itu dari pihak Supplier seperti Lazada, Jakartanotebook, Blanja, dan lainnya. Supplier itu tugasnya cuma mendistribusikan barang, tidak ada tanggung jawab atas isi di dalamnya. Jadi kalau masih ragu, mau komplain, kotak HP sudah pernah dibuka, langsung ke Nexian saja atau ke Service Center nya.

Nexian Journey One

Untuk spesifikasi dari Nexian Journey ini cukup lumayan. Dengan harga 999000 ini anda sudah mendapatkan smartphone 3G dengan spek prosessor Quad Core 1,3 GHz Cortex A7, Chipset MediaTek MT6582, RAM 1GB, ROM 8GB, slot Micro SD up to 32GB, layar IPS selebar 4,5 inch, kamera belakang 5MP, kamera depan 2MP, OS Android Lollipop 5.1, dual Micro SIM, dan kapasitas baterai 1700 mAh.

Ini review menurut saya pribadi sih ya, spek di atas lebih dari cukup untuk ukuran smartphone seharga 999 ribuan. Untuk kapasitas baterai sebesar 1700 mAh mungkin terasa kurang ya apabila dipakai untuk game dan streaming/ internet. Untuk penggunaan normal mungkin tidak terasa borosnya, tapi jika anda penggemar game Android akan terasa borosnya. Untuk OS Android Lollipop sendiri setelah saya rasakan secara langsung ternyata lebih smooth, lebih simpel, lebih ringan.

Dari segi performa, jika diuji dengan aplikasi AnTuTu benchmark sih mendapatkan skor 19 ribuan, tidak beda jauh dengan skor Xiaomi Redmi 1S, cuma memang lebih besar sedikit Redmi 1S. Kemudian untuk uji coba game, saat ini masih sebatas game ringan seperti Farm Heroes Saga, Dragon City, Ice Age, Farm Ville, dan teman temannya, masih smooth no lag. Ya wajar game ringan 😀 . Untuk game HD belum coba soalnya internet lagi tidak stabil.

Skor Antutu Benchmark Nexian Journey One

Dari sisi aplikasi yang ada di dalamnya, Nexian Journey One ini hanya menyajikan aplikasi bawaan Google saja (Google Applications). Dari pihak Nexian cuma dibekali aplikasi Nexian dan Nexian ID untuk daftar garansi 1 tahun. Tambahan aplikasinya adalah Tokopedia dan Traveloka yang memang mereka bekerjasama dengan memberikan voucher gratis di dalam paket pembelian.

Aplikasi lain yang sudah ditambahkan ada BBM, Opera Mini, NQ Mobile Security sebagai aplikasi keamanan, dan Migme. Aplikasi penting seperti file manager dan pemutar musik tidak ada di dalamnya. Untuk musik hanya ada Google Play Music yang menurut saya aplikasi satu ini tidak berguna. Jadi untuk file manager anda bisa unduh langsung lewat Play Store. Banyak kok macam aplikasi file manager ini di Play Store baik yang gratis maupun yang berbayar.

Untuk kamera Nexian Journey One ini menggunakan Google Camera. Dan setelah saya coba ternyata kualitas kamera sangat tidak memuaskan. Hal ini terlihat pada fungsi flash kamera. Jika digunakan pada malam hari menggunakan flash maka hasil foto akan terlihat buram putih terkena flash. Sepertinya flash kamera nya terlalu over explosure, entah ini disebabkan oleh hardware nya atau software. Tapi jika kamera tanpa flash sih normal.

Cara mengatasi bug kamera Nexian Journey One >> http://teknikit.com/2015/03/mengatasi-masalah-lampu-flash-nexian-journey-one-over-exposure.html

Tapi menurut banyak pengguna masalah flash ini bisa diatasi dengan mencoba aplikasi kamera pihak ketiga. Berikut ini contoh hasil kamera Nexian Journey One saat diambil di dalam kamar dengan lampu penerangan yang cukup dan flash kamera hidup.

Hasil Kamera Nexian Journey One

Pembelian Nexian Journey One ini dilengkapi dengan earphone. Walau suara yang dihasilkan earphone bawaan ponsel tidak begitu bagus, namun saya merasa malah earphone Nexian Journey One ini kualitasnya di atas earphone bawaan Lenovo Vibe X2. Ada rasa bass nya, daripada earphone Lenovo Vibe X2 yang sama sekali tidak terasa bass nya. Untuk memutar musik anda bisa menggunakan Google Play Music atau mengunduh pemutar musik lain di Play Store seperti Poweramp, yang menurut saya merupakan aplikasi music player dengan fitur komplit, walau berbayar.

Bug lain dari smartphone Android Lollipop pertama ini adalah tidak bisa kirim file APK melalui bluetooth. Tapi hal ini bisa diakalin dengan menggunakan kabel data maupun dengan aplikasi pihak ketiga seperti ShareIt.

Untuk daya tahan baterai Nexian Journey One, kapasitas sebesar 1700 mAh ini memang tergolong kecil. Jika anda pakai buat ngegame terus biasanya hanya bisa bertahan antara 2 jam sampai 4 jam. Jika untuk penggunaan normal seperti browsing, sms, kadang teleponan, bisa aja bertahan sampai sehari (12 jam). Penggunaan baterai juga tergantung dari lokasi anda. Apabila di lokasi anda susah sinyal, bisa jadi akan boros baterai.

Nah, itu sedikit saja review dari saya tentang Nexian Journey One ini. Untuk kelebihan dan kekurangan Nexian Journey One bisa anda simpulkan sendiri berdasarkan penjelasan saya di atas. Namun, bagi anda yang ngebet dan tertarik mencoba Android One/ Android Lollipop ini, tidak ada salahnya untuk coba beli, toh harga nya juga tidak mahal mahal amat. Yang jelas, setiap produk smartphone itu pasti ada kekurangan ada kelebihan, tinggal anda hitung banyak kelebihannya atau kekurangannya, kemudian dibandingkan dengan harganya worthed atau tidak. Kalau menurut saya sendiri worthed, karena saya juga sangat tertarik untuk menggunakan Android One Nexian Journey One ini dan ke depan nya akan sangat tertarik untuk mengopreknya 😀 .

Tags: Antara Nexian Journey One Mito Impact Evercross One X Bug Nexian Journey One Cara Beli Nexian Journey One Harga Nexian Journey One Kekurangan Nexian Journey One Kelebihan Nexian Journey One Nexian Journey Android Lollipop Nexian Journey Android One Ponsel Android Lollipop Review Android One Review Nexian Journey One Smartphone Android Lollipop Smartphone Dual ON EVDO GSM

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Nexian Journey One Smartphone Android Lollipop 1 Juta Pas"

Install Custom ROM CM12 (Based Lollipop) Android One Nexian Journey One
Setelah sebelumnya developer custom ROM CyanogenMod atau
Cara Install Custom Recovery Android One Nexian Journey One
Bagi anda pengguna smartphone Android One khususnya
Cara Mudah Root/ Unroot Android One Nexian Journey One
Root ponsel Android sebenarnya bertujuan untuk memperoleh
Cara Unlock/ Relock Bootloader Android One Nexian Journey One
Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk tutorial
  1. author

    www.vivoglobal.id1 year agoReply

    Berarti untuk penyuka musik, nexian ini lumayan lah ya.

  2. author

    ary1 year agoReply

    nexian ntuh buatan asli indonesia

1 2

Komentar di "Review Nexian Journey One Smartphone Android Lollipop 1 Juta Pas" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan