Cara Install Custom Recovery Android One Nexian Journey One

Bagi anda pengguna smartphone Android One khususnya untuk pengguna Nexian Journey One, mungkin anda sangat membutuhkan untuk mengganti recovery bawaan dengan custom recovery seperti CWM (Clock World Mode), TWRP (Team Win Recovery Project), maupun Recovery PhilZ Touch. Masalahnya, untuk recovery bawaan Nexian Journey One ini penggunaannya sedikit ribet. Dan juga seperti anda ketahui sendiri bahwa semua recovery bawaan Android itu fiturnya hanya sedikit, tidak selengkap yang ada pada custom recovery Android.

Bagi anda pengguna baru Nexian Journey One, mungkin anda juga akan kesulitan untuk masuk ke Recovery Mode, pasti anda mengira Android One tidak bisa masuk ke Recovery Mode, cuma muncul gambar robot android yang sedang dibongkar saja. Saya juga pertamanya mengira begitu. Untuk masuk ke Recovery Mode Android One Nexian Journey One ini caranya adalah saat keadaan ponsel mati secara bersamaan tekan tombol power + tombol volume up, nanti akan muncul menu, ada menu Recovery Mode, Fastboot Mode, Normal Boot, Normal Boot + ftrace, dan Normal slug debug off. Tekan tombol volume up untuk memilih (menggeser pilihan) dan volume down untuk masuk (enter). Pilih pada menu Recovery Mode. Nanti muncul gambar robot android sedang dibongkar, setelah itu tekan lagi tombol power + volume up sekali lagi, maka anda akan masuk ke Recovery Mode.

Recovery Mode Android One

Padahal untuk custom recovery masuknya tidak seribet itu, cukup dalam keadaan ponsel mati tekan tombol power + volume up, maka akan langsung masuk ke recovery mode.

Untuk ponsel Android One sendiri disediakan 3 custom recovery yang bisa anda pilih untuk diinstal. Ada custom recovery CWM, TWRP atau PhilZ Touch. Terserah anda mau pilih yang mana sesuai selera saja.

Syarat sebelum anda bisa install custom recovery Android One ini adalah.

1. Unlock bootloader >> https://teknikit.com/2015/03/cara-unlock-relock-bootloader-android-one-nexian-journey-one.html

2. Root >> https://teknikit.com/2015/03/cara-mudah-root-android-one-nexian-journey-one.html

Mungkin ada yang menyebutkan, untuk install custom recovery Android One ini tidak perlu root, atau malahan ada yang bilang tidak usah unlock bootloader. Tapi entah mengapa, saya coba berulang kali install custom recovery dengan keadaan ponsel belum root ini selalu gagal. Mau install CWM, TWRP, ataupun PhilZ selalu saja gagal. Mungkin saat mencoba install tulisannya custom recovery berhasil diinstall, tapi saat masuk ke Recovery Mode masih saja recovery bawaan. Jadi, bagi anda yang kesulitan install custom recovery Android One Nexian Journey One mungkin anda bisa coba untuk root ponsel terlebih dahulu.

Cara install custom recovery Android One ini sebenarnya sangat mudah, karena kita terbantu oleh adanya Android One Toolkit. Software satu ini memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan para “opreker” ponsel Android One. Selain bisa unlock/ relock bootloader, root, juga bisa install custom recovery.

1. Saya anggap komputer/ PC anda sudah memenuhi syarat untuk bisa install custom recovery Android One (sudah install driver ADB, install Net Framework 4.5, dan lain lain), karena sebelumnya anda juga harus praktek tutorial unlock bootloader maupun root.

2. Dalam keadaan hidup dan USB Debugging aktif, hubungkan ponsel ke komputer.

3. Buka Android One Toolkit, pastikan anda pilih List Devices untuk memastikan ponsel terdeteksi

Jalankan Android One Toolkit

4. Setelah device terdeteksi, sekarang anda pilih recovery mana yang ingin anda install. Mau PhilZ, TWRP, atau CWM. Di sini saya mencontohkan memilih custom recovery CWM (4GB).

Install Custom Recovery Android One

5. Setelah anda pilih, lanjutkan dengan mengklik Flash Recovery, maka proses install recovery Android One akan berjalan. Pada ponsel akan masuk ke Fastboot Mode dan jika install sudah selesai maka ponsel akan melakukan restart.

Install Recovery CWM Android One Nexian Journey One

6. Setelah ponsel anda hidup kembali seharusnya proses install custom recovery Android One telah berhasil. Untuk mengetahuinya, masuk saja ke recovery mode dengan cara, dalam keadaan ponsel mati tekan tombol power + tombol volume up secara bersamaan, trus pilih Recovery Mode. Maka anda akan masuk ke custom recovery mode. Cara lain untuk masuk ke recovery mode ini, pada Android One Toolkit ada tombol menu Recovery, dalam posisi ponsel masih terhubung ke komputer, klik saja tombol menu Recovery pada Android One Toolkit tersebut, maka ponsel akan otomatis masuk ke recovery mode.

Masuk Recovery Mode Android One Nexian Journey One

Khusus untuk CWM recovery ini, karena belum mendukung touch screen, maka pengoperasiannya adalah, tombol volume up atau volume down untuk memilih menu, tombol power untuk masuk (enter).

Oke, demikian sedikit tutorial cara install custom recovery pada Android One khususnya Nexian Journey One, baik itu custom recovery PhilZ, TWRP, maupun CWM. Sekali lagi, bagi yang masih gagal install custom recovery Android One, coba untuk root ponsel dahulu.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

One Response to “Cara Install Custom Recovery Android One Nexian Journey One”
  1. andhika sukma wijaya

Leave a Reply