Cara Memperbaiki Scroll Mouse/ Mouse Wheel Yang Rusak

Kesel juga sih lagi asik asik browsing tiba tiba scroll mouse (mouse wheel) error atau rusak. Mau scroll ke bawah malah tidak berfungsi, kadang malah maunya scroll mouse ke bawah jadinya scroll ke atas, begitu juga sebaliknya. Mouse wheel/ scroll mouse tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau bisa dikatakan error. Hal ini biasa terjadi, apalagi jika mouse yang kita gunakan adalah mouse murahan. Jangankan mouse wheel, tombol klik saja biasanya sering duluan rusak kalau kita menggunakan mouse murahan.

Beberapa kali saya sering mengalami kejadian ini, scroll mouse error atau tidak berfungsi baik. Dulu saya tahunya kalau mouse rusak berarti ya beli lagi mouse baru. Sehingga waktu kejadian mouse wheel rusak ya saya beli mouse baru lagi. Tapi, sebenarnya kerusakan pada scroll mouse (mouse wheel) ini bisa kita perbaiki sendiri dengan sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Caranya dengan membongkar daleman mouse tersebut kemudian kita deteksi kerusakan yang terjadi.

Untuk alat dan bahan memperbaiki scroll mouse yang rusak ini pun sangat sederhana, yang anda butuhkan hanya mouse yang rusak tadi, obeng plus kecil, dan lem alteco.

Alat Bahan Memperbaiki Scroll Mouse Rusak

1. Pertama tama kita bongkar dulu daleman mouse menggunakan obeng plus, sampai kebongkar PCB nya juga, lihat gambar.

Cara Membongkar Mouse

2. Lepaskan mouse wheel dari dudukannya (lubangnya). Nah, ini biasanya yang terjadi, yang membuat scroll mouse sering error. Antara mouse wheel dengan lubang (dudukan) biasanya terjadi slip. Jadi mouse wheel sudah diputar akan tetapi piringan bergerigi tidak ikut berputar. Ataupun, mouse wheel sudah berputar akan tetapi piringan bergerigi terlambat berputar, karena terjadi sedikit slip.

Bagian Mouse Yang Menyebabkan Mouse Wheel Rusak

3. Nah untuk menghilangkan slip antara shaft mouse wheel dengan lubang piringan bergerigi, maka kita akan mengelemnya menggunakan lem alteco. Konsekuensi dari ini adalah anda tidak bisa lagi melepas mouse wheel dari lubangnya karena sudah dilem mati, kalau anda paksa maka shaft mouse wheel akan patah. Tapi ini tidak jadi masalah yang penting scroll mouse bisa normal kembali.

4. Beri sedikit lem alteco ke shaft mouse wheel, sedikit saja, satu titik atau dua titik. Sebelum lem mengering segera masukkan mouse wheel ke lubang piringan.

Kasih Lem Alteco Pada Mouse Wheel

5. Tunggu beberapa saat sampai lem benar benar kering kemudian pasang kembali komponen mouse dan rakit kembali mouse yang anda bongkar tadi.

6. Sampai di sini harusnya mouse sudah baik seperti semula tanpa ada error di scroll mouse.

Kemudian ada juga kasus lain, scroll mouse rusak yang dikarenakan antara plat dengan gerigi piringan sudah tidak bersentuhan lagi. Lihat gambar berikut ini.

Scroll Mouse Error atau Rusak

Dalam kondisi normal antara plat dengan gerigi piringan harusnya bersentuhan. Sangat terasa apabila scroll mouse itu diputar. Jika plat sudah tidak bersentuhan maka ketika mouse wheel diputar akan terasa lancar tanpa hambatan. Tapi kalau plat masih bersentuhan dengan gerigi, saat diputar akan terasa ada jeda (klik klik klik klik, dst). Jika plat sudah tidak bersentuhan lagi, anda bisa mengakalinya dengan mengganjal pinggiran plat agar menekan plat dan bersentuhan dengan gerigi.

Nah itulah sedikit tips cara memperbaiki scrool mouse (mouse wheel) yang rusak atau error. Dari pengalaman saya sendiri, biasanya kasus terjadi karena slip antara mouse wheel dengan dudukannya. Jadi dengan cara dilem alteco seperti di atas, mouse bisa berfungsi normal kembali. Lumayan kan bisa menghemat uang anda daripada harus membeli mouse baru.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

20 Responses to “Cara Memperbaiki Scroll Mouse/ Mouse Wheel Yang Rusak”
  1. Hotel di Malang
  2. bisnis online
  3. Muslih Maulana
  4. yeyep
  5. Toni
  6. mtoha
  7. ryadh
  8. world.behind.the.world
  9. hotel jatim

Leave a Reply