Inilah Penyebab Sebenarnya Baterai HP Menggelembung

Baterai HP menggelembung, ini merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel, khususnya bagi ponsel yang sudah berumur. Baik itu HP Android (smartphone) maupun HP biasa. Sering kali untuk ponsel atau HP yang sudah lama digunakan, baterai HP bisa menggelembung sendiri. Sampai sampai kita kesusahan untuk menutup casing HP karena baterai yang menggembung tadi. Jika kasusnya sudah seperti ini, mau tidak mau anda harus mengganti baterai HP dengan yang baru, kalau bisa beli baterai yang original agar lebih awet dan tahan lebih lama.

Baterai HP Menggelembung

Berbicara masalah baterai HP yang menggelembung, kenapa sih kok bisa baterai menggembung? Mari kita bahas sama sama. Penyebab baterai HP atau ponsel bisa menggembung menurut saya yang kebetulan memiliki sedikit ilmu tentang kelistrikan.

Ada beberapa penyebab kenapa baterai HP bisa menggelembung. Ada yang bilang, baterai HP menggelembung karena sering over charge, atau kelamaan nge-charge HP. Kadang kala kita sering kelupaan ngecharge HP kelamaan, apalagi ngecharge saat malam, bisa semalaman tuh baterai dicharge. Banyak yang mengatakan hal semacam ini juga bisa menyebabkan baterai menggelembung. Tapi menurut saya tidak, kenapa? Untuk HP keluaran terbaru saat ini, sistem pengisian baterai didesain sedemikian rupa agar setelah baterai terisi penuh maka otomatis akan memutuskan aliran listrik dari charger ke baterai, sehingga pengisian otomatis terhenti.

Coba saja anda perhatikan saat ngecharge HP, saat pengisian berlangsung jika HP anda pegang, khususnya di bagian baterai, maka akan terasa hangat, pasti itu karena sedang proses mengisi. Tapi jika baterai sudah penuh, coba biarkan agak lama 1 jam atau 2 jam sambil charger masih dalam keadaan tersambung. Trus anda pegang tuh HP, pasti terasa biasa, sudah tidak hangat lagi. Ini menandakan bahwa sudah tidak ada pengisian baterai alias pengisian sudah terputus. Otomatis kok kalau baterai sudah penuh maka pengisian akan terputus. Jadi menurut saya masih aman saja jika anda kelamaan ngecharge HP sampai semalaman.

Penyebab lain baterai bisa menggembung adalah adanya komponen pengisian yang tidak original. Misal baterai yang digunakan bukan original alias baterai ecek ecek harga di bawah 50 ribu itu. Ataupun charger yang anda gunakan tidak original. Jika tegangan atau arus dari charger non original tidak sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan, misal kalau kekecilan maka tidak bisa mengisi baterai, sedangkan kalau kebesaran bisa merusak baterai, salah satunya ya tadi bisa menyebabkan baterai menggelembung. Untuk itu disarankan anda menggunakan baterai maupun charger yang original.

Dan terakhir, penyebab sebenarnya baterai HP atau ponsel bisa menggelembung, yang biasanya sering dilakukan, adalah pemakaian HP yang terlalu ekstrim. Penggunaan yang ekstrim ini maksudnya menggunakan ponsel tanpa ada hentinya, tanpa memberikan kesempatan baterai untuk beristirahat. Misal HP dicharge, penuh, main game, baterai low, dicharge lagi, penuh, main game lagi, dicharge lagi, penuh lagi, main game lagi. Ini yang menyebabkan umur baterai tidak lama. Yang lebih ekstrim lagi, HP dicharge sambil main game, sambil online, sambil teleponan. Nah, kalau yang seperti itu sudah pasti menyebabkan baterai panas dan akhirnya menggelembung.

Jika anda melakukan pengisian baterai HP, sambil digunakan untuk menelepon, online, atau main game, maka arus yang masuk ke baterai tidak sebanding dengan arus yang dikeluarkan dari baterai. Hal ini yang menyebabkan baterai cepat panas karena dipaksa untuk bekerja berat padahal baterai itu tidak mampu. Pengguanaan HP yang ekstrim seperti ini menyebabkan baterai menjadi panas, baterai yang panas ini akan membuat komponen di dalamnya memuai, sehingga berakibat baterai menggelembung.

Oh ya, tidak semua baterai HP mengalami penggelembungan. Pengalaman saya sendiri yang sudah bolak balik ganti HP, mungkin sudah 10 kali ganti HP, mulai jamannya Siemens C60 tahun 2004 dulu, sampai HP Samsung Galaxy Ace 3 ini, baru sekali mengalami baterai HP menggelembung. Ini saya alami waktu punya HP Nokia 3250, yang menjadi ponsel Nokia pertama seri musik. Waktu itu memang saya akui penggunaan yang ekstrim. Karena ini merupakan seri ponsel musik pertama di dunia yang dikeluarkan Nokia, maka bisa “hampir” 24 jam penuh saya memutar musik, bahkan sambil ngecharge pun masih saya mainkan. Akibatnya ya baterai HP menggelembung itu. Setelah kejadian itu baru saya tahu cara yang aman menggunakan HP agar baterai awet.

Dan juga baterai menggembung biasanya sering terjadi pada HP China (pocin), yang pastinya sudah pada tahulah bagaimana kualitas HP China itu sendiri. Soalnya saya sering melihat dengan mata kepala saya sendiri, teman teman saya yang menggunakan pocin ini rata rata baterai nya tidak awet, bahkan sampai menggembung tadi. Jadi baterai menggelembung tergantung pada kualitas baterai itu sendiri, makanya saya sebutkan di atas tadi pakailah baterai ataupun charger yang original.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai batera HP yang menggelembung, kenapa baterai HP itu bisa sampai menggembung. Semoga bagi anda yang sudah membaca dan tahu penyebab baterai HP menggelembung, agar lebih hati hati dalam pemakaian HP, jangan menggunakan HP terlalu ekstrim agar baterai bisa awet, paling tidak tahan lebih lama.

Tags: Baterai Android Membesar Baterai HP Menggelembung Baterai HP Menggembung Baterai Ponsel Menggelembung Mencegah Baterai Menggembung Mengatasi Baterai HP Menggelembung Penyebab Baterai Bisa Menggelembung Tips Agar Baterai HP Awet

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Inilah Penyebab Sebenarnya Baterai HP Menggelembung"

Aplikasi Android Peta Offline Gratis Nokia HERE Maps
Di penghujung tahun 2014 ini, atau tepatnya
Ini Dia Ponsel Nokia Yang Pernah Booming di Masa Kejayaannya
Di saat sedang cari cari informasi tentang
Review HP Samsung Galaxy Ace 3 Kelebihan dan Kekurangan
Ponsel Samsung Galaxy Ace 3 ini sebenarnya
Game Flappy Bird Akan Hadir Lagi Agustus 2014 Mendatang
Pasti anda sudah pada tahu dengan game
  1. author

    ali imron1 year agoReply

    konsleting merupakan faktor utama ,juga cas yang terlalu lama sedang tak semua ponsel fusenya atau pemutus arus otomatis nya baik ,saya kira keduanya juga penyebab utama batarai kembung

1 2

Komentar di "Inilah Penyebab Sebenarnya Baterai HP Menggelembung" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan