Tips Membuat Password Mudah Diingat Tapi Tetap Aman

Di era yang serba canggih saat ini, jangan menganggap sepele akan keamanan akun akun yang anda miliki. Sekarang sudah banyak hacker yang dengan kepintaran mereka bisa membobol dengan mudah akun yang anda miliki. Akun akun seperti Facebook, Twitter, Email, Akun Google, dan lain lain perlu anda amankan dari serangan hacker. Untuk itu pertahanan utama yang perlu anda perkuat adalah password yang anda gunakan untuk login ke akun. Pembuatan password dalam sebuah akun harus kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain, tapi tetap anda harus bisa mengingatnya. Bagaimana cara membuat password yang mudah diingat tapi tetap aman dari para hacker? Berikut akan saya jelaskan sedikit tentang cara membuat password yang mudah diingat tapi tetap sulit dibobol orang lain.

Tips Membuat Password

Password yang tidak mudah ditebak idealnya memiliki 6-8 karakter, lebih bagus lagi jika anda membuat passowrd yang agak panjang, tapi tetap harus mudah diingat. Password yang kuat dan susah untuk dibobol biasanya terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Percuma anda bikin password tapi hanya terdiri dari angka saja, atau huruf saja. Password yang demikian akan sangat mudah ditebak oleh hacker yang berpengalaman. Jangan juga membuat password yang mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata kata yang mudah ditebak. Di sini, kreatifitas anda sangat diperlukan. Percuma anda diberi akal tapi tidak bisa digunakan untuk berkreasi, cuma membuat password yang unik saja tidak bisa.

Membuat password yang unik, tidak mudah ditebak, dan tetap bisa diingat sebenarnya mudah. Buatlah password yang sulit dibaca atau dieja, tapi sebenarnya anda sudah tahu teknik untuk membacanya. Nah kreatifitas di sini sangat dibutuhkan. Buatlah sebuah pola susunan kata tentang diri anda, misal kata “Saya Menikah Tahun 2014”. Kata kata tersebut bisa anda buat pola password dengan mengambil 2 huruf di depan kata menjadi “SaMeTa20”. Nah password yang seperti itu akan susah dibaca dan ditebak, tapi kalau pemiliknya sudah mengetahui cara membacanya pasti tidak susah diingat bukan?

Ingat, membuat password harus dipadukan antara huruf besar dan kecil, jangan huruf besar semua atau huruf kecil semua. Hal ini memang sengaja dibuat untuk menyulitkan hacker untuk membobol akun kita. Atau anda bisa mengganti huruf dengan angka agar lebih kuat. Ada kan beberapa huruf yang bisa digantikan dengan angka, misal huruf “i” bisa diganti dengan angka “1”, atau huruf “a” bisa digantikan dengan angka “4”, dan huruf yang lainnya. Yang penting kreatifitas anda jalan, itu saja.

Cara lain untuk membuat password yang unik, tidak mudah dibobol, tapi masih mudah diingat yaitu dengan menggeser satu atau dua tuts kata password yang diinginkan. Misalkan saja password yang akan anda buat adalah “blog” (contoh pendek saja, walau sebenarnya tidak disarankan terlalu pendek). Nah kata “blog” jika digeser dua tuts pada keybord akan menjadi “cjud”. Sekarang tergantung kreatifitas anda lagi, untuk bisa membuat password yang tidak mudah dibobol namun tetap mudah diingat.

Membuat Password Yang Aman

Nah, itulah sedikit tips membuat password yang mudah diingat tapi tetap aman dari pembobolan. Untuk anda yang memiliki banyak akun yang berbeda, jangan sekali kali membuat password yang sama semua di akun akun anda, hal ini malah akan semakin mempermudah hacker untuk membobol password dan semua akun anda. Ingatlah password anda baik baik, jika perlu anda memang harus memiliki catatan tersendiri untuk password tiap tiap akun.

Tags: Cara Agar Password Tidak Dihack Membuat Password Facebook Membuat Password Mudah Diingat Membuat Password Yang Kuat Mengamankan Password Akun Email Tips Membuat Password Unik Tips Mengamankan Password

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Tips Membuat Password Mudah Diingat Tapi Tetap Aman"

6 Tips Aman Saat Anda Internetan Wajib Anda Tahu
Di era modern sekarang ini, internet bukan
BOLT! 4G LTE Internet Super Cepat Hingga 72 Mbps
Di akhir tahun 2013 lalu ada satu
Cara Upload Video Youtube Dari HP/ Ponsel
Jika dulu saya sempat memberikan tutorial tentang
Cara Mudah Upload Video ke Youtube
Tutorial selanjutnya adalah cara upload video ke
  1. author

    Toni2 years agoReply

    Boleh juga triknya, dengan cara ini kita akan mudah menghafal password. Insya Allah akan saya juga

Komentar di "Tips Membuat Password Mudah Diingat Tapi Tetap Aman" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan