Cara Memotong dan Membuat Micro SIM Card Dengan Alat Sederhana

Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat micro SIM Card dengan mudah. Hanya perlu peralatan sederhana, anda sudah bisa membuat atau memotong SIM Card biasa menjadi Micro SIM Card. Sebenarnya sudah ada sih alat pemotong Micro SIM Card namanya Micro SIM Cutter. Harganya pun tergolong murah, setahu saya paling murah seharga 30 ribuan. Mungkin ada yang lebih murah lagi, tapi saya belum tahu. Bentuk alat pemotong Micro SIM Card seperti pada gambar berikut ini.

Micro SIM Card Cutter

Micro SIM Card ini biasanya digunakan pada gadget-gadget keluaran terbaru, atau pada tablet seperti pada Tablet Acer Iconia A1-811, tablet ini juga menggunakan Micro SIM Card untuk koneksi ke internet/ jaringan lokal selain ada juga fitur Wifi. Pada iPhone pun sebenarnya juga menggunakan Micro SIM Card. Tapi jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli alat nya, anda pun masih bisa membuat Micro SIM Card sendiri dengan alat yang biasanya sudah anda punya. Peralatannya sangat sederhana kok, cukup punya cutter, gunting, dan penggaris, anda sudah bisa membuat Micro SIM Card sendiri.

Yang harus anda persiapkan adalah cutter, gunting, penggaris, dan tentunya SIM Card yang mau dipotong. Di sini saya menyarankan, sebaiknya jika anda baru pertama kali membuat Micro SIM Card, jangan gunakan kartu utama anda. Untuk percobaan sebaiknya anda gunakan kartu lain. Buat jaga-jaga jika anda gagal membuat Micro SIM Card ini. Jadi anda tidak kehilangan nomor kartu utama. Setelah anda sukses dengan kartu percobaan, baru anda lakukan di kartu utama.

Peralatan Membuat Micro SIM Card

Setelah semua alat siap, kini anda membuat ukuran Micro SIM Card menggunakan penggaris dan cutter. Penggaris ya untuk membuat ukuran dengan tepat, sedangkan cutter untuk menarik garis setelah anda buat ukuran. Menggunakan cutter untuk menarik garis karena di sini kita memerlukan ujung yang runcing. Mungkin bisa menggunakan pulpen, spidol, dan sejenisnya, tapi alat-alat tulis biasanya ujungnya tidak terlalu runcing, dikhawatirkan nantinya saat menarik garis ukurannya tidak tepat. Dan pastikan anda membuat ukuran dengan tepat, jika salah 1 mm saja akibatnya Micro SIM Card tidak akan terbaca di perangkat.

Untuk lebih jelasnya berapa ukuran Micro SIM Card itu, perhatikan ukuran pembuatan Micro SIM Card berikut.

Gambar Ukuran Memotong Micro SIM Card

Pertama-tama kita fokuskan pada lempeng tembaga yang ada di SIM Card, atau biasa disebut chip.

1. Lihat warna biru di atas, tarik garis sebelah kiri dan atas chip, masing-masing berjarak 1 mm dari chip SIM card. Gunakan penggaris untuk mengukur dan untuk menarik garis menggunakan cutter. Kemudian potong, motongnya lebih mudah pakai gunting kecil.

2. Lihat warna merah di atas, tarik garis sepanjang 15 mm dari kiri, kemudian potong.

3. Lihat warna hijau di atas, tarik garis sepanjang 12 mm dari atas, kemudian potong.

4. Setelah ini Micro SIM Card sudah jadi tapi masih berbentuk kotak. Kita akan membuat garis miringnya. Lihat warna coklat di atas, tarik garis sepanjang 9 mm, kemudian warna abu-abu tarik garis sepanjang 12 mm. Dari sini kemudian anda bikin garis miringnya, setelah itu potong.

Micro SIM Card sudah jadi dan siap untuk digunakan. Untuk ukuran asli Micro SIM Card adalah seperti gambar berikut.

Ukuran Micro SIM Card

Sebagai catatan, untuk perangkat dengan slot SIM Card yang model slot, ditekan terus terkunci, dan untuk membukanya dengan cara ditekan lagi kemudian kartu keluar (pasti anda tahu yang model begini), nah untuk yang model ini, sebaiknya saat memasukkan Micro SIM Card jangan sampai seret, usahakan los atau lancar. Takutnya nanti setelah masuk, karena seret tidak bisa keluar lagi. Jika saat anda masukkan SIM Card terasa seret, anda bisa menghaluskan pinggirannya dengan amplas. Atau bisa juga menggunakan potongan kuku, kan biasanya potongan kuku ada yang untuk menghaluskan kuku. Haluskan sedikit-sedikit saja, sampai kartu benar-benar bisa masuk dan keluar dengan lancar.

SIM Card Sebelum Dipotong

SIM Card Sebelum Dipotong

SIM Card Setelah Dipotong

SIM Card Setelah Dipotong

Masukkan kartu ke perangkat anda. Lihat apakah perangkat gadget atau tablet anda bisa membaca kartu Micro SIM yang telah anda buat. Jika tidak bisa membaca berarti anda gagal, bisa jadi ukurannya salah. Dari tutorial di atas, saya sekali buat berhasil kok, Micro SIM Card bisa kebaca di Tablet Acer Iconia A1-811. Mudah-mudahan anda juga berhasil dengan tutorial cara membuat Micro SIM Card ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
13 Comments
  1. boby
    August 3, 2014 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *