Trik Sederhana Menambah Sinyal Modem Jadi Full Bar

Kali ini saya akan berbagi tips dan trik sederhana menambah sinyal modem menjadi full bar. Trik ini sangat cocok buat anda yang saat ini hanya mendapatkan sinyal sedikit misal 1 bar atau 2 bar. Mungkin lokasi anda berada di daerah agak pinggiran kota atau di daerah pedesaan yang pastinya jauh dari BTS ISP anda. Trik ini bisa diaplikasikan baik untuk modem CDMA maupun modem GSM. Bagi anda pengguna modem GSM maupun modem CDMA semacam Smartfren tidak ada salahnya mencoba trik yang sangat sederhana ini untuk menambah sinyal modem anda. Tidak perlu modal kok karena bahan-bahan yang digunakan adalah barang bekas yang pasti ada di sekitar kita.

Seperti biasa, tidak ada jaminan jika sinyal modem anda full bar belum tentu speed juga bagus. Banyak faktor yang menentukan kecepatan internet anda, bukan cuma di sinyal saja. Tapi tidak ada salahnya anda berusaha untuk mendapatkan sinyal full bar. Sinyal full bar belum tentu speed bagus, maksudnya di sini adalah (menurut pendapat saya) ketika anda colokkan modem ke komputer terus sinyal yang anda dapatkan langsung full, maka ini tidak ada jaminan speed yang anda dapatkan juga bagus. Beda halnya ketika anda colok modem ke komputer terus sinyal yang anda dapatkan cuma 1 bar 2 bar, kemudian anda mengusahakan untuk mendapatkan sinyal full bar dengan cara tertentu, maka kemungkinan besar speed yang anda dapatkan juga akan bertambah. Ini menurut saya loh ya.

Trik sederhana menambah sinyal modem ini sebenarnya saya dapatkan dari forum Kaskus. Saya sendiri juga belum mempraktekkannya. Jujur di lokasi saya saat ini, sinyal modem Smartfren yang saya dapatkan alhamdulillah sudah full bar, jadi tidak ngefek donk kalau saya menggunakan trik ini, orang sudah full bar. Ini adalah screenshoot dari dashboard modem saya, sinyal 1x full bar dan sinyal EVDO Rev B juga full bar.

sinyal-smartfren-full

Jadi di sini saya cuma berbagi trik kepada teman-teman yang saat ini cuma mendapatkan sinyal modem yang sangat minim. Daripada anda menggunakan antena yagi ataupun antena berbayar lainnya untuk mendapatkan sinyal full bar, lebih baik anda coba dulu tips menambah sinyal modem yang gratis ini.

Kita mulai tips menambah sinyal modem sekarang. Alat-alat yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut.

1. Sendok yang terbuat dari logam (jangan sendok plastik loh)

2. Grenjeng rokok, atau apa sebutannya ya, yang jelas kertas alumunium yang ada di dalam bungkus rokok, pasti anda tahu

3. Kaleng kecil, misal kaleng rokok, kaleng susu, kaleng kopi, dan lain-lain

4. Kabel USB untuk modem

5. Dua keping VCD/DVD yang sudah tidak kepakai

6. Kaleng penyemprot nyamuk, entah Bayg**, HI*, atau yang lain

bahan-untuk-menambah-sinyal-modem

Setelah alat-alat di atas sudah anda siapkan, kita mulai praktek.

1. Bengkokkan sendok hingga berbentuk huruf L, kemudian lapisi gagang sendok dengan kertas alumunium rokok

lapisi-sendok-kertas-alumunium

2. Tempelkan modem (ikat modem) ke bagian sendok yang telah dilapisi kertas alumunium

ikat-modem-ke-sendok

3. Masukkan sendok ke dalam kaleng, tapi posisi modem menggantung dan berada di luar kaleng

masukkan-modem-ke-kaleng

4. Di samping kaleng tempat modem tadi letakkan kaleng penyemprot nyamuk. Di bawah masing-masing kaleng kita taruh kepingan VCD/DVD. Jadi kepingan VCD/DVD ditindih kaleng

taruh-kepingan-vcd-bawah-kaleng

Setelah semua selesai kemudian sambungkan modem ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan settingan modem anda pada 3G Only atau EVDO Only. Dan lihat sinyal yang anda dapatkan sekarang. Dari percobaan yang telah dilakukan menggunakan trik ini, semula sinyal modem cuma 1 bar, tapi setelah menggunakan trik ini sinyal modem menjadi full bar.

sinyal-modem-full-bar

Demikian trik sederhana menambah sinyal modem jadi full bar, pastinya sangat mudah dan murah bahkan gratis. Beberapa orang yang telah menggunakan trik ini berhasil mendapatkan sinyal full bar. Jika sinyal yang anda dapatkan tidak memuaskan, anda bisa menggeser posisi modem plus kaleng-kalengnya di atas, jangan terpaku hanya pada satu posisi saja.

Sumber: Kaskus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
38 Comments
  1. riswan mappakerekkereng
    December 25, 2013 | Reply
  2. January 18, 2014 | Reply
  3. Zum
    February 25, 2014 | Reply
  4. darulsangaji
    March 29, 2014 | Reply
  5. April 5, 2014 | Reply
  6. April 29, 2014 | Reply
  7. July 3, 2014 | Reply
  8. July 12, 2014 | Reply
  9. July 21, 2014 | Reply
  10. July 23, 2014 | Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *