Ingin Membuat Situs Seperti Traveloka.com

Kemarin secara tidak sengaja saya menemukan situs Traveloka.com. Situs ini saya temukan saat saya mencoba mencari informasi melalui search engine Google dengan kata kunci “tiket pesawat murah”. Kebetulan saya juga memiliki blog dengan niche travel dan ingin mencari materi tentang tiket pesawat murah.

Ketika saya mengetikkan kata kunci “tiket pesawat murah” lewat Google.com di situ muncullah hasil pencarian. Tapi saya terfokus pada satu situs di hasil pencarian yaitu situs Traveloka.com. Kenapa saya bisa memilih situs Traveloka untuk diklik, padahal di halaman pencarian banyak muncul situs-situs lain yang mungkin lebih terkenal? Ini dikarenakan pada halaman pencarian muncul situs Traveloka ini dua kali yaitu pada iklan Google dan pada urutan kedua halaman pertama Google.

traveloka serp

Dan jujur, sebelumnya saya belum pernah mendengar sama sekali tentang situs Traveloka ini. Menurut saya situs Traveloka ini adalah situs baru. Penasaran dengan situs ini saya bermaksud untuk mengetahui lebih lanjut tentang situs ini, mulai dari umur, alexa, PR, sampai dengan teknologi yang digunakan.

Setelah saya cari informasi tentang situs ini baik lewat whois, cekpr, ataupun Alexa, memang situs Traveloka ini masih berumur muda yaitu masih 2 tahunan. Memiliki PR2 dan Alexa yang sangat langsing 55 ribuan.

traveloka pr

Karena penasaran, saya coba dengan mengetikkan keyword yang lain yaitu “tiket mandala promo” juga situs Traveloka ini masih nongkrong di halaman pertama Google. Walau umur situs Traveloka masih muda tetapi saya salut situs ini bisa nongol di halaman pertama Google. Dibandingkan dengan situs-situs lain yang sudah berumur.

Ketika saya masuk ke situs Traveloka ini saya sedikit heran, tampilannya sangat sederhana, loading situs juga cepat. Dari beberapa situs penyedia tiket pesawat yang pernah saya kunjungi mungkin hanya Traveloka sendiri yang beda dari yang lainnya. Pokoknya yakin dah tampilannya sederhana.

Sebenarnya saya sangat penasaran dengan teknologi yang dipakai situs Traveloka. Semula saya mengira situs Traveloka menggunakan CMS gratisan sebangsa WordPress yang saat ini sedang popular, tapi ternyata tidak. Setelah saya Tanya ke orang yang mengetahui tentang Traveloka ini ternyata teknologi yang dipakai situs ini sudah dijelaskan di sini http://www.quora.com/Traveloka-com/What-tech-stack-is-Traveloka-using.

Jadi intinya saat ini mereka menggunakan teknologi yang berbeda daripada web-web biasa. Teknologi Java dan framework pastinya, yang merupakan syarat wajib dalam pembuatan sebuah situs. Penggunaan beberapa program open source yang sudah populer. Dan untuk masalah database mereka tidak menggunakan Mysql melainkan MongoDB. MongoDB sendiri memang diklaim lebih unggul daripada penggunaan database Mysql biasa. Teknologi MongoDB ini memiliki performa 4x lebih cepat daripada Mysql. Kalau versi hosting ya MongoDB itu bisa disamakan dengan teknologi Litespeed yang diklaim 9x lebih cepat daripada Apache.

Seperti yang anda ketahui, situs-situs sebangsa booking hotel atau booking tiket pesawat menyimpan database yang cukup besar. Maka ketepatan dan kecepatan dalam pencarian database juga sangat-sangat dibutuhkan. Ini semua ditujukan demi kenyaman para pengguna situs ini. Kemudahan dalam penggunaan dan juga kecepatan hasil pencarian sangat dibutuhkan.

Dan menurut mereka, untuk ke depannya situs Traveloka ini akan terus dikembangkan dalam penggunaan teknologinya karena sesuai dengan perkembangan jaman, teknologipun juga akan semakin berkembang. Jika kita stak menggunakan teknologi itu-itu saja otomatis kita akan tertinggal dari yang lainnya. Orang-orang sudah bisa jalan-jalan ke luar negri malah kita sendiri yang hanya berputar-putar di kota sendiri.

Jujur, untuk teknologi yang dipakai situs Traveloka ini saya belum banyak tahu karena saat ini masih belajar sebatas WordPress dan saya masih belajar membuat web berbasis PHP. Dan untuk membuat situs Traveloka ini pun butuh modal yang tidak sedikit. Tapi saya memang berniat suatu saat bisa membuat situs seperti Traveloka, karena memang saat ini saya sedang belajar membuat blog dengan niche Travel. Pelan-pelan dan sambil belajar, saya yakin suatu saat bisa membuat situs seperti Traveloka.com. Amin.

Tags: Belajar Membuat Blog Niche Travel Situs Niche Travel Tiket Pesawat Murah Traveloka.com

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Ingin Membuat Situs Seperti Traveloka.com"

Blog Teknik IT Ganti Theme Baru Dari Elegant Theme
Posting pertama di bulan pertama tahun 2013
Selamat Tahun baru 2013
Tidak terasa tahun 2012 akan segera berlalu
  1. author

    priyo9 months agoReply

    menurut saja situs traveloka sangat simple.

    ane juga punya situs yang mungkin tidak lama lagia akan lebih baik dari traveloka.

    situs tiketturindo.com

    • author

      Damey8 months agoReply

      Berapa kira2 buat situs seperti tiketturindo gan, jika kita ingin buat kemana kita berhubungan, terimakasih gan

  2. author

    Travelloke9 months agoReply

    Info yg menarik, saya juga sedang mengembangkan website travel bisa buat perbandingan memasarkan website saya

  3. author

    Usman7 months agoReply

    Harga 304jt tersebut apakah hanya ongkos develop systemnya saja atau sudah termasuk software+license+hardware?

  4. author

    cincin emas7 months agoReply

    cari cincin nikah cincin emas dengan harga murah.

  5. author

    erlangga4 months agoReply

    kami travel agent yg ingin punya website,ada gak yg bisa buatin saya web spt traveloka itu? biayanya berapa ya? bgmn maintenance nya?

  6. author

    naik kelas4 months agoReply

    caching di traveloka nice dan API dari airlinesnya juga cepet dan saya nyaman gunain OTA appsnya untuk traveling dan nginap

  7. author

    pakar seo2 months agoReply

    Ada kog paket travel di cms lain ^_^

  8. author

    Risal2 weeks agoReply

    Kira2 dimana ya ada jasa pembuatan web yng kayak traveloka tapi gak terlalu mahal .. ? kalau tiketturindo kayaknya aku tauk pake jasa dimana 😀 karena banyak yang hampir sama..

1 2 3 4

Komentar di "Ingin Membuat Situs Seperti Traveloka.com" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan