Sinyal Bagus Belum Tentu Speed Juga Bagus

Banyak pengguna internet modem yang beranggapan bahwa sinyal yang bagus harusnya speed internet juga bagus. Sebenarnya ini adalah anggapan yang salah. Pada saat sekarang ini, kecepatan internet bukan lagi ditentukan dari bagusnya sinyal yang didapat, bukan kuat-kuatan sinyal, melainkan kualitas sinyal yang didapat. Banyak orang yang mengeluh karena speed internet lambat padahal dapat sinyal full 5 bar misal. Banyak terjadi kasus seperti ini, sinyal full internet lemot. Untuk memperjelas kenapa kasus ini bisa terjadi pertama lihat gambar berikut.

speed internet sampai ke komputer

Jadi speed yang didapat dan sampai ke pengguna itu dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain: speed modem (spesifikasi modem), kondisi BTS, kepadatan trafik Network ISP, kepadatan trafik internet dan kondisi bandwidth server. Baik itu speed EVDO Rev A, EVDO Rev B, HSDPA, 3G dan sejenisnya hanya merupakan jaringan akses, tidak lebih dari modem ke BTS, sedangkan internet sendiri puluhan ribu kilometer jarakanya. Tapi speed modem itulah yang sebenarnya diusahakan agar dapat speed maksimal. Speed modem ini kita namai dengan DRC (Data Rate Control) Requested >> DRC Requested.

Pengertian Sinyal Interferensi dan DRC Requested

Dalam komunikasi data (wireless), sinyal yang diterima pengguna itu sebenarnya adalah gabungan dari sinyal yang digunakan untuk komunikasi (carrier) dan sinyal interferensi. Sinyal interferensi ini merupakan pengganggu yang dapat menyebabkan sinyal komunikasi data error/cacat. Semakin kuat sinyal interferensi maka semakin tinggi pula error komunikasi data yang ditransmisikan ke pengguna. Tingginya sinyal interferensi akan membuat modem mengurangi speed (DRC) untuk meminimalisir error rate.

Berikut gambaran sederhana untuk menjelaskan apa itu sinyal interferensi.

coverage sector BTS

Gambar di atas merupakan gambaran sinyal yang dipancarkan tiap-tiap BTS secara teoritis saja. Pola seperti gambar di atas bisa terjadi andai saja berada di dataran kosong atau gurun pasir. Jika di kota-kota besar lain lagi karena di kota besar sudah banyak bangunan-bangunan besar yang menyebabkan tingkat gangguan sinyal lebih besar karena adanya Reflected Ray sinyal pantul. Sehingga kemungkinan akan terjadi pola yang tidak beraturan, tidak sama dengan gambar di atas. Nah, untuk penjelasan gambar di atas sebagai berikut.

Gambar 1 >> Setiap BTS memancarkan 3 buah sector, dikenal dengan nama PN (Pilot Number). Misalkan saja satu BTS memancarkan PN-A, PN-B dan PN-C, coverage suatu sector sering digambarkan segi enam untuk mempermudah dalam engineering network.

Gambar 2 >> Untuk lebih sederhananya jika dilihat dari gambar di atas, pola pancar sinyal tidak bisa segi enam, setiap sector (PN) akan beririsan dengan PN lain, pasti itu. Nah, di area irisan inilah pengguna akan mendapatkan 2 buah PN atau lebih, maka modem akan memilih sinyal PN terkuat sebagai carrier, sinyal PN lainnya adalah Interferensi (pengganggu).

Gambar 3 >> Terlihat ada area yang mendapatkan sinyal dengan interferensi rendah dan ada area yang mendapatkan interferensi tinggi. Perbandingan Sinyal Carrier dan Interferensi inilah yang digunakan modem untuk menentukan DRC Requested (speed modem). Penjelasan gambar 3 adalah sebagai berikut.

Area 1 adalah area terbaik, dengan sinyal kuat dan interferensi rendah atau bahkan tidak ada interferensi sama sekali, DRC/Speed yang didapatkan akan tinggi.

Area 2 adalah area dengan sinyal lemah akan tetapi interferensi yang didapatkan rendah, memungkinkan mendapatkan speed yang lumayan. Tapi jika lokasi terlalu jauh dari BTS maka speed yang didapatkan akan rendah pula dan rawan terjadi interferensi dari BTS lain (tetangganya).

Area 3 adalah area dengan sinyal kuat tapi interferensi juga kuat, secara teori speednya akan rendah/sedang juga. Di area inilah kemungkinan anda berada, andai sinyal modem full tapi speed yang didapatkan sangat lambat, karena tingkat interferensi yang tinggi.

Relasi parameter-parameter yang mempengaruh speed, secara sederhana bisa digambarkan sebagai berikut.

drcv

Jadi sekarang anda sudah tau kan kenapa speed internet anda lemot padahal sinyal full. Kemungkina besar anda berada di area dengan interferensi yang tinggi. Di area ini modem akan mendapatkan 2 buah PN atau lebih. Nah untuk meminimalisir terjadinya lebih dari 2 PN ini maka anda diharuskan untuk melakukan pointing modem agar didapatkan hanya 1 PN. Salah satu caranya adalah menggunakan tool yang disebut QXDM dan QPST yang sudah saya jelaskan sedikit di artikel sebelumnya. Lihat juga artikel saya mengenai modem-modem apa saja yang sudah menggunakan chipset Qualcomm dan bisa menggunakan QXDM.

Tags: Modem Sinyal Full Tapi Internet Lemot Pengaruh Sinyal Terhadap Speed Modem Pengertian Sinyal Interferensi Penjelasan DRC Requested Sinyal Bagus Speed Jelek Sinyal Full bar Tapi Lemot Sinyal Interferensi Modem

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Sinyal Bagus Belum Tentu Speed Juga Bagus"

Cara Mencari Proxy Sendiri di Hidemyass
Gara-gara Smartfren gangguan cukup lama, beberapa hari
Sedikit Penjelasan Tentang Karakteristik Sinyal Dari BTS CDMA
Sebenarnya saya belum mengerti betul tentang CDMA,
  1. author

    flady3 years agoReply

    siph son keren nih, thanks

    comment back ya

  2. author

    Nakashima Rein3 years agoReply

    gw masuk area 3, sinyal full, HSPA+ pula tapi lemot juga, paling tinggi speed 500kb/s, paling rendah 20kb/s, rata-rata speednya 100-300 kb/s

  3. author

    manusia.iseng3 years agoReply

    1 hal lagi gan. sistem warnet, wkwkwkwk. parahnya internet basis gsm/cdma, 1 modem/client ga dapet 1 IP WAN, melainkan dapet IP lokal. ini menurut ane yg paling parah. bertarunglah kita antar IP lokal.

    ane di rmh pake im3 bisa dapet full speed 7an mbps, yaitu skitar 925 KB/s pada jam begadang.hahaha klo jam pagi atau siang, cuman dapet 1-3an mbps, skitar 100 – 400 KB/s.

    di luar rumah boro2 internet jalan. persis kaya siput, cuman dapet 1-10 KB/s itupun klo beruntung. kadang RTO terus, ga bisa konek sm sekali.

    artinya, provider harusnya memperbaiki BTS, agar kualitas sinyal membaik. serta pembagian bandwitdh yg baik, jgn pelit kaya warnet. ini udah pake kuota, pelan pula.

  4. author

    penguatsinyal3 years agoReply

    numpang promosi gan ………???
    jual REPEATER BOOSTER PENGUAT SINYAL HANDPHONE GSM / CDMA / 3G SINGLE BAND ATAU DUALBAND.
    Produk ini cocok untuk ditempatkan dalam konferensi Hall, Hotel, pertambangan, hutan, pengeboran Gedung dan di dalam ruangan yang berada pada titik yang
    tidak dapat dijangkau oleh amplifikasi sinyal
    Apa itu Repeater :
    1. Memperluas area jangkauan sinyal BTS
    2. Meningkatkan jangkauan area sinyal ponsel dalam pengiriman & penerimaan
    3. Mengurangi radiasi telepon selular pada manusia
    4. Memperpanjang waktu siaga dan umur baterai
    5. Instalasi yang ringan, mudah, dan fleksibel
    6. Transisi sinyal di dalam ruangan kecil sehingga tidak mengganggu sensitifitas BTS penerima.
    Info Lengkap :
    Hubungi
    ARDY gsm
    Hp : 085 224 873 514
    EKA PANDU
    Hp.087717983031
    YM : ARDYGSM / ardygsm1 / pandueka
    Email : [email protected] / [email protected] [email protected]/ [email protected]
    twitter :@penguatsinyal

  5. author

    sarastiono3 years agoReply

    untuk Gspeed HSDPA flash sinyal bagus tapi ndak konek gimana mengatasinya?

  6. 6 Tips Aman Saat Anda Internetan Wajib Anda Tahu3 years agoReply

    […] internet walaupun tidak secepat gadget tingkat menengah ke atas. Akan tetapi untuk masalah kecepatan internet, semua kita kembalikan ke provider masing-masing. Yang jelas internet saat ini sangat mudah […]

  7. author

    raymond2 years agoReply

    saya memakai android sony xperia dgn bb monza..didaerah saya khususnya pemakai android menggunakan telkomsel tidak mendapatkan sinyal 3g tp di bb saya sinyal 3g amat kuat.mengapa bisa bgtu??apa daya penerimaan sinyal bb lebih kuat dari android??apa jalan keluarnya?? trims

  8. author

    faz2 years agoReply

    ask ; kenapa saat saya menggunakan modem usb speed 3,6 Mbps pakai paket fb speed saya 1-2 KBps ,,jika saya menggunakan modem nokia eddge speed saya 40-50 KBps apa penyebabnya,,,mass admin

  9. author

    Robert2 years agoReply

    Thanks gan, penjelasannya detail banget. BTW, any idea pakai provider apa yang sinyalnya bagus sekaligus kencang?

    • author

      andri2 years agoReply

      masukan nih gan, klo agan mau yang sinyalnya kencang, cobain pake XL Hotrod Pro, dulu sy pke Hotrod 3g+, tp semenjak xl keluarin lg yg pro ane cobain, makin kencang sinyalnya gan.

  10. author

    Enggar1 year agoReply

    Apakah interference dan drc ini juga berlaku sama dengan wifi? Maksudnya ketika kita ada di area dua (memakai wifi) kita juga mengalami drc?

1 2 3 4

Komentar di "Sinyal Bagus Belum Tentu Speed Juga Bagus" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan