Tampilan Sederhana Browser Mempercepat Loading Startup Browser

Tidak ada bahan untuk diposting pada awal bulan terakhir tahun ini, akhirnya saya iseng share tentang Browser nih. Kenapa tiba-tiba share tentang Browser? Kemarin-kemarin kan isinya tentang mulu modem? Kalau dipikir-pikir sih Browser kan masih ada hubungan dengan modem, sama-sama ada hubungannya dengan internet. Nah, untuk itu kita akan membahas Tips mempercepat loading startup browser, salah satunya adalah tampilan sederhana browser, simpel, tidak neko-neko. Ya bisa dikatakan tampilan bawaan browser lah, tidak ada tambahan add-on apa pun.

Kemarin saya baru sadar. Kebanyakan pengguna internet (khususnya Indonesia) banyak memanfaatkan search engine (mesin pencari) Google untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Kebanyakn pakai search engine Google, search engine Yahoo mungkin cuma sedikit apalagi search engine Bing. Tapi ternyata pengunjung Blog ini yang datang dari search engine bukan dari Google dan Yahoo saja. Ada pengunjung dari search engine lain yang mungkin belum begitu terkenal atau mungkin anda belum pernah mengenalnya.

Pertama saya juga heran, pengunjung yang datang ke Blog ini ada yang datang dari berbagai search engine selain Google dan Yahoo seperti: search-results.com, search conduit.com, duckduckgo, search incredibar, dan lain-lain. Yang saya bingung dari mana mereka mengetahui search engine tersebut. Kok sempet-sempetnya mereka mengunjungi search engine tersebut untuk melakukan pencarian.

Setelah saya berpikir, saya mempunyai dugaan kalau mereka yang datang dari search engine di atas tersebut kemungkinan mengakses dari toolbar browser mereka. Iya, toolbar (search engine toolbar) biasanya ikut terinstal di browser saat kita menginstal software tertentu. Menginstal search engine toolbar ini sebenarnya pekerjaan yang percuma saja karena di bawaan browser itu sendiri biasanya sudah terpasang search engine Google (secara default). Bahkan sebenarnya kita bisa memilih search engine default apa yang akan kita gunakan. Pada browser Firefox ada pilihan search engine selain Google, dan Firefox versi terbaru ( Firefox 8 ) telah ditambahkan Twitter search.

Sebenarnya secara tidak langsung menginstal search engine toolbar ini justru akan memperlambat loading startup browser. Walau perbedaannya tidak begitu signifikan sih. Tapi yang jelas dengan menginstal toolbar ini akan memperlambat loading browser. Begitu juga jika anda menginstal berbagai macam add-on yang tidak ada gunanya. Biasanya ini terjadi pada Firefox yang sudah memiliki banyak pilihan add-on. Lagian menurut saya (ini menurut saya sih), menginstal banyak add-on yang tidak penting justru akan memperjelek tampilan browser, terlihat penuh sesak. Lebar tampilan web yang kita akses juga pastinya akan berkurang, tidak full.

Anda juga harus tahu, kenapa para vendor browser seperti Firefox, Chrome, IE dan lain-lain sekarang lebih mementingkan tampilan browser yang sederhana, simpel, tidak banyak menampilkan menu browser? Karena mereka berlomba-lomba untuk menjadikan browser mereka yang tercepat, salah satunya yaitu dengan tampilan browser yang sesederhana mungkin maka otomatis akan mempercepat loading browser.

Lalu kenapa anda sendiri menginstal search engine toolbar pada browser anda? Di sini saya bisa menebak, kemungkinan besar karena anda tidak tahu. Biasanya search engine toolbar itu sendiri terinstal satu paket dengan software tertentu. Tapi sebenarnya saat proses instalasi kita diberikan pilihan untuk menginstal toolbar atau tidak. Bagi yang tidak tahu mungkin saat instal hanya memilih next next saja tanpa memperhatikan apa saja yang akan diinstal. Sehingga saat anda membuka browser anda maka jangan kaget kalau tampilan browser anda menjadi ‘lebih keren’, banyak toolbar yang tidak berguna terinstal pada browser. Makanya jika suatu saat anda menginstal suatu software, pastikan anda lebih teliti saat proses instalasi, apakah menyertakan instal toolbar atau tidak.

Saran saya sih, khususnya bagi pengguna Firefox, sebaiknya jangan menginstal toolbar ataupun add-on yang tidak ada gunanya alias mubazir. Gunakan add-on seperlunya dan sesedikit mungkin, karena banyaknya add-on dan toolbar yang terinstal pada browser justru akan memperlambat loading browser. Mungkin ada yang berpendapat browser akan menjadi lebih cantik, oke no problem, tergantung selera masing-masing juga sih. Tapi walaupun browser anda cantik tidak akan dinilai oleh orang lain, bahkan tidak ada orang lain yang akan melihat kecantikan browser anda. Dan seperti yang saya katakan di atas, browser-browser yang dikeluarkan oleh vendor-vendor terkenal saat ini lebih mengutamakan tampilan yang sesederhana mungkin.

Mau tahu tampilan browser yang saya gunakan saat ini? Berikut akan saya kasih screenshot beberapa browser saya yang sederhana yang saya gunakan.

Browser Firefox

Browser Google Chrome

Browser Internet Explorer

Browser Opera

Browser Safari

Tags: Instal Add-on Browser Instal Toolbar Browser Kenapa Browser Menjadi Lemot Mempercepat Loading Browser Mempercepat Startup Browser Search Engine Bawaan Browser Search Engine Toolbar Membuat Lemot Browser Tampilan Sederhana Browser

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Tampilan Sederhana Browser Mempercepat Loading Startup Browser"

Cara Install Flash Player di Browser Android Jelly Bean
Kali ini saya ingin berbagi tips cara
Cara Setting Proxy Pada Browser Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer
Berikut akan saya jelaskan cara memasukkan/ setting
  1. author

    Thekrim5 years agoReply

    Sama2 gan, sng bs membantu. Maaf klo gbs lsg bls komen soalny lg g ddpn laptop, lg diluar. Ini aja blsny lwt hp, hehe..

  2. author

    Andy A.F.R.5 years agoReply

    sipz…mantapp gan…^_^

  3. author

    ihsan5 years agoReply

    ada satu broser lagi sob.,
    flock 🙂

    ge blogwalking nehc., minta saran untuk weblog aku dunk.,thanks .,hehe

    • author

      Thekrim5 years agoReply

      Sebenarnya masih banyak browser gan, cuma ini yang ada pada komputer saya aja, makasih gan kunjungannya 😀

  4. Blog Teknik IT Ganti Theme Baru4 years agoReply

    […] sebenarnya saya sendiri adalah tipe orang yang suka kesederhanaan, tidak mau neko-neko, termasuk dalam pemilihan theme blog, saya lebih mengutamakan theme yang […]

  5. author

    Kuswanto Bin Salim4 years agoReply

    betul bos

  6. author

    Discount obagi products3 years agoReply

    If your skin is not properly moisturize, it will dry and age faster.
    It might just be a case of trial and error, if nothing
    seems to work speak to your dermatologist for any advice or try a different acne skin care product.

    This is a review of this acne skincare line from this popular Tawainese skincare company.

1 2

Komentar di "Tampilan Sederhana Browser Mempercepat Loading Startup Browser" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan